Dahsyatnya Sedekah

bismillah1

Image

Pengalaman ini saya dapat ketika akhir Februari lalu, di mana sebagian anak kos seperti saya pasti sedikit terdesak ketika menghadapi akhir bulan (tabungan habis, dompet menipis :D). Suatu hari, di suatu pagi, saya mendapati isi dompet saya tersisa 100rb. Cemilan di kosan pun sudah habis :D. Saya berpikir sejenak, apakah dengan uang tersebut saya bisa mencukupi kebutuhan saya selama seminggu. Jadi, waktu itu tersisa 7 hari lagi sampai awal bulan Maret, di mana setiap awal bulan insyaAllah ortu saya mengirimi saya sejumlah tabungan guna memenuhi kebutuhan saya sehari-hari.

Setelah dihitung-hitung, uang 100 rb tersebut akan saya gunakan untuk keperluan makan dan parkir motor di ITB, dengan rincian sebagai berikut:
-parkir motor selama 4 hari 8rb
-makan 17 kali (krn senin kamis saya puasa dan biasanya ga sahur :D) jadi 5rb per porsi (yaah kalo di kantin sebelah kosan saya dapet nasi+lauk seadanya :D).
-sisa 7rb sebagai uang ‘pegangan’ di dompet

Kemudian, pada hari yang sama, ketika saya keluar dari kamar, tiba-tiba saudara saya berbicara kepada saya, ingin meminjam uang untuk keperluannya. Saya sempat berpikir sejenak, uang di dompet saya hanya tersisa 100 rb (2 lembar 50rb) sementara saudara saya jelas-jelas sedang membutuhkan bantuan saya. Kemudian saya ingat Allah, yang akan melipat gandakan harta seorang hamba yang bersedekah. Saya yakini itu, saya imani, kemudian saya berpegang teguh terhadap keyakinan saya bahwa Allah Maha Mengetahui. Masalah saya apakah bisa makan atau tidak, saya sudah tidak peduli akan hal itu. Saya yakin Allah telah menentukan rezeki seorang hambanya jauh sebelum saya dilahirkan.

Saya beri saudara saya uang 1 lembar 50rb dengan sembari mengingat Allah dan meniatkannya sebagai sedekah. Tersisa uang saya 50 rb di dompet. Otomatis hitung-hitungan saya yang di atas sudah tidak ada gunanya lagi. Saya hanya pasrah dan berserah diri kepada Allah.

“…Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. 3. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath Thalaq ayat 2-3)

Entah mengapa, selama tujuh hari tersebut kebutuhan saya selalu tercukupi. Yang ditraktir teman lah, yang parkir dibayarin teman lah, dsb. Terakhir, saya diajak teman saya untuk ikut syukuran di area kosannya, kemudian saya diajak makan dengan menu kambing :9. Sejujurnya saya tidak pernah sedikitpun menghitung isi dompet saya. Jadi setiap ada keperluan saya ambil lalu tidak saya lihat sisanya berapa. Rasanya dompet saya ini tidak ada habis-habisnya ! Allahu Akbar !

Kebetulan di hari terakhir (akhir Februari), orang tua saya datang ke Bandung untuk keperluan Dinas dari kantornya. Dan saya diajak menginap bersama mereka di Hotel yang cukup tersohor di Bandung selama 4 hari di kamar VIP. Bisa Anda bayangkan berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk membayar kamar hotel tsb, sementara saya mendapatkannya secara gratis !

Dan terakhir, saya berkata jujur kepada orang tua saya bahwasannya uang saya di tabungan dan di dompet sudah habis. Kemudian saya dikasi tabungan tunai sebesar 500rb plus aneka kue yang dibawa oleh orang tua saya. Dan kata ortu saya, nanti saya akan dikirimi lg tabungan sebesar 1.5JT ! Allahu Akbar ! Sudah berapa juta rupiah yang saya dapatkan dari mulai saya ditraktir teman, nginap di hotel mewah, sampai dikirimi tabungan oleh orang tua, hanya dengan bersedekah 50rb?

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah ayat 261)

Leave a Reply

